Minggu, 22 April 2012

Sedikit tentang "Public Relations"

PR merupakan suatu profesi yang menghubungkan antara lembaga atau organisasi dengan publiknya yang ikut menentukan kelangsungan hidup lembaga tersebut. Karena itu PR berfungsi menumbuhkan hubungan baik antara segenap komponen, memberikan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi. PR pada dasarnya menciptakan kerjasama berdasarkan hubungan baik dengan publik. Dalam PR dibedakan dua macam publik yang menjadi sasaran yakni publik internal dan eksternal.

Menurut Dozier (1992) peranan praktisi humas dalam organisasi  merupakan  salah satu kunci penting  untuk  pemahaman akan fungsi  public  relations  dan  komunikasi  organisasi disamping sebagai sarana pengembangan   pencapaian   profesionalitas  dari   praktisi   humas.

Secara sederhana tugas praktisi kehumasan adalah menjadi penghubung antara lembaga publik dengan masyarakat luas, agar tercapai saling pengertian, kerjasama dan sinergi yang positif antara berbagai pihak yang ada.  Dalam konteks lembaga lembaga publik seperti pemerintah, sejatinya peran melayani dan mengembangkan dukungan publik guna mencapai tujuan organisasi-lah yang sangat penting dimainkan oleh praktisi kehumasan.

Pada konteks ini, maka praktisi humas harus bisa membentuk nilai-nilai, pemahaman, sikap-sikap, sampai perilaku dari publik agar sejalan dengan kebutuhan organisasi. Melalui pengemasan pesan-pesan komunikasi  publik yang lebih banyak berisikan tentang apa dan siapa serta apa manfaat keberadaan organisasi. Pesan-pesan ini dapat dikomunikasikan melalui media massa atau new media.

Sebagai perantara antar suatu PR suatu peusahaan dengan rekan media salah satu caranya adalah dengan menulis Press Release. berikut sebagai contoh suatu press release :

PRESS RELEASE

DJARUM UNTUK ANAK BANGSA
PESTA OLAHRAGA PEMUDA NASIONAL

Jakarta, Senin, 09 Januari 2012. menyambut awal tahun baru 2012 Hari ini PT. DJARUM  selaku salah satu perusahaan nasional Indonesia, peduli dengan kesehatan dan semangat anak bangsa. Kami PT. DJARUM mengadakan Pesta Olahraga Pemuda Nasional. Acara ini akan diukuti oleh kelompok pelajar tingkat SMU dan sederajat serta kelompok Mahasiswa. Pesta olahraga pemuda nasional ini dilaksanakan di kampus – kampus sejabodetabek, tepatnya di kampus UI, Taruma Negara, UKI, dan juga Budi Luhur. Acara yang diselenggarakan selama satu bulan ini akan menjadi agenda rutin di awal tahun dari PT. DJARUM sebagai bukti pengabdian bagi kemajuan bangsa dan para pemuda selaku generasi penerus pembangunan bangsa.

Olahraga yang di Perlombakan
Minat dan bakat anak muda sangatlah beragam, oleh karena itu kami memperlombakan berbagai cabang olahraga, antara lain :
  • Futsal                                    
  • Basket
  • Badminton
  • Pencak silat
  • Panjat tebing
Pesta olahraga ini akan bekerjasama dengan pihak sekolah dan universitas dari para peserta, oleh karena itu kami akan mengikut seratakan para peserta resmi dari reverensi dari pihak – pihak yang bersangktuan.


Tujuan Acara Pesta Olahraga Pemuda Naional
Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran para pelajar dan mahasiswa akan pentingnya berolahraga. Tidak dapat dipungkiri pemuda masa kini di kehidupannya sangatlah erat denga kebiasaan merokok dan kurangnya olahraga.
Oleh karena itu PT. DJARUM mencoba untuk mengajak para pemuda untuk berpartisipasi dalam acara yang bertajuk Pesta Olahraga Pemuda Nasinal untuk dapat menyeimbangkan antara pola hidup saat ini dengan olahraga yang tetap fun and healty untuk menjaga kebugaran badan dan mutu semangat para pemuda untuk tetap berjuang dan berkompetisi.
Kendati acara ini masih berskala lokal tetapi kami akan terus meningkatkan minat para pemuda didaerah yang lain sehingga acara ini bisa menjadi acara penyemangat di awal tahun baru dan menjadi acara rutin tiap tahunnya bukan hanya regional tetapi acara nasional.
Kami juga berharap dari acara ini akan lahir bibit – bibit atlet baru yang dapat kami referensikan untuk PELATNAS.

Hadiah dan Reward
Hadiah yang kami sediakan dalam acara ini adalah uang tunai untu juara 1, 2 dan 3. Piagam dan piala bagi sekolah atau universitas yang juara serta beasiswa bagi para peserta yang berprestasi dari setiap cabang olahraganya.


KETERANGAN LEBIH LANJUT
ID Comm
Pardjo Sudjono
Telp (021) 97616153
Mobile 0857 1421 1020
Email : pardjono@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar